Manfaat dan Khasiat Buah Blueberry Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat dan Khasiat Buah Blueberry Bagi Kesehatan Tubuh – Blueberry adalah nama sejenis buah kecil yang berwarna biru tua dan berbentuk bulat seperti anggur. Buah ini tidak lazim dijumpai di Indonesia karena di Indonesia buah ini tidak dapat tumbuh. Buah blueberry adalah buah yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Tanaman blueberry adalah tanaman asli dari Amerika Utara, meskipun begitu blueberry juga dapat ditemukan di Australia, Selandia Baru dan Amerika Latin. Kandungan dari blueberry sangat banyak antara lain mangan, kalsium, fosfor, besi, kalium dan seng. Ada juga kandungan vitamin dari blueberry seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, vitamin E dan vitamin K. Serta ada juga kandungan karbohidrat dan lemak tak jenuh di dalam blueberry.

Manfaat dan Khasiat Buah Blueberry Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat dan Khasiat Buah Blueberry Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat dan Khasiat Buah Blueberry Bagi Kesehatan Tubuh

Selain itu blueberry juga memiliki kandungan antosianin, yaitu sejenis pigmen tanaman yang memiliki sifat anti oksidan. Kandungan antosianin, proantosianidin, reservatrol, flavonol dan tanin yang terkandung di dalam blueberry mampu menghambat kanker secara signifikan.
Berikut adalah manfaat dari buah blueberry bagi kesehatan tubuh.

1. Anti Penuaan Dini
Anti oksidan yang terkandung di dalam blueberry mampu membantu mengurangi kerusakan sel kulit yang diakibatkan oleh paparan radikal bebas dan sinar UV secara langsung. Radikal bebas adalah zat yang sangat bertanggung jawab atas terjadinya penuaan dini. Makanan yang memiliki kandungan anti oksidan tinggi mampu mengurangi efek dari penuaan dini dan memperlambat proses penuaan.

2. Menjaga Kesehatan Mata
Blueberry adalah salah satu obat yang tepat untuk mencegah dan mengobati infeksi penyakit yang berkaitan dengan retina. Kandungan di dalam buah blueberry akan membantu mengasah ketajaman mata.

3. Melindungi Kulit
Masker blueberry dapat digunakan untuk facial dan sangat baik untuk membantu memperbaiki dan melindungi kulit dari efek berbahaya yang dihasilkan oleh stres dan paparan sinar matahari secara langsung. Pemakaian masker blueberry secara rutin akan menghasilkan kilit yang lembut, kenyal dan cerah.

4. Mengurangi Kolesterol Jahat Di Dalam Tubuh
Anti oksidan yang terkandung di dalam buah blueberry membantu mengurangi kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Dengan begitu darah tinggi dan serangan jantung dapat dicegah dan diminimalisir.

5. Mencegah Serangan Jantung
Blueberry memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan jantung. Zat nitrit oksida akan membuat dinding arteri tetap fleksibel dan penyakit jantung dapat dicegah.

6. Mengatasi Masalah Pencernaan
Buah blueberry mengandung serat pangan yang cukup tinggi. Dan hal itu tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, kandungan lain seperti asam, vitamin dan fruktosa juga baik dalam menjaga kesehatan organ pencernaan.

7. Mencegah Kanker
Kandungan di dalam buah blueberry berupa phytonutrient yang ada pada buah blueberry mampu mencegah serangan kanker usus dan kanker rahim yang sangat mematikan.

8. Menguatkan Tulang
Buah blueberry memiliki kandungan mangan yang baik untuk kesehatan tulang sehingga sangat baik untuk menjaga kekokohan dan mencegah pengeroposan tulang.

Demikianlah manfaat dan khasiat dari buah lezat blueberry bagi kesehatan tubuh. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda dan orang orang di sekitar anda. Salam Hidup Sehat!