Manfaat Buah Kapulaga bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Kapulaga bagi Kesehatan Tubuh – Buah kapulaga selama ini lebih dikenal sebagai rempah rempah untuk bumbu masakan. Selain digunakan sebagai bumbu masakan ternyata kapulaga juga bisa digunakan sebagai bahan alternatif untuk menjaga kesehatan tubuh. Khasiat dari buah kapulaga ini ternyata sangat banyak. Biji buahnya yang belum terlalu matang bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Selain bijinya ternyata masih banyak bagian dari tanaman ini yang bisa dimanfaatkan sebagai obat seperti akar, buah serta batangnya pun dapat digunakan sebagai obat obatan. Buah kapulaga memilki kandungan protein yang tinggi, selain itu kapulaga juga mengandung zat zat seperti sineol, borneol, silikat, terpineol, sebinena, mirtenal, betamaker, mirkena, karvona dan kersik.

Manfaat Buah Kapulaga
Manfaat Buah Kapulaga

 

Berikut adalah daftar manfaat dari kapulaga bagi kesehatan tubuh:
1. Menyihatkan Pencernaan

Kandungan dari kapulaga sangat baik untuk mengatasi keluhan yang mempunyai kaitan dengan pencernaan manusia. Kandungan yang paling berpengaruh adalah kandungan minyak atsiri dalam kapulaga yang mampu mengurangkan dan meringankan sakit perut, sembelit, cirit-birit dan berbagia gangguan pencernaan lain.

2. Baik Untuk Kesihatan Jantung

Kapulaga sangat baik untuk melancarkan peredaran darah dan menurunkan tekanan darah tinggi. Sehingga kapulaga sangat baik untuk digunakan oleh pesakit hipertensi. Bila tekanan darah normal maka prestasi jantungpun menjadi ringan dan boleh jauh lebih optimum.

3. Menjaga Kesihatan Ginjal

Kandungan buah pelaga mempunyai khasiat sebagai diuretik yang baik untuk melancarkan pengeluaran air kencing atau air seni. Khasiat dari buah pelaga ini juga membantu melindungi buah pinggang dari berbagai macam panyakit, dan sangat baik untuk mencegah penyakit nefritis, cystitis, serta penyakit lain yang berkaitan dengan saluran air kencing dan pembuangan.

4. Mempunyai Kemampuan Analgesik

Kandungan dari buah kapulaga sangat baik untuk meredakan rasa sakit dan nyeri otot sendi. Kapulaga juga mempunyai sifat analgesik yang berfungsi sebagai anti radang semulajadi sehingga baik untuk mengubati sakit gigi atau gusi bengkak.

5. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Zat zat yang terkandung dalam kapulaga mampu memperkuat kekebalan tubuh terhadap serangan bakteria atau patogen lain yang membawa berbagai macam bibit penyakit ke dalam tubuh.

6. Ubat Batuk

Kandungan dalam kapulaga seperti minyak atsiri, terpinol, sineol dan berbagai macam kandungan lain ternyata sangat efekti untuk meringankan dan menyembuhkan batuk yang menyerang anda.

7. Meningkatkan Gairah Seksual

Kapulaga mempunyai sifat sebagai afrosidiak, iaitu zat yang mampu meningkatkan ghairah seksual saat dimakan. Kapulaga menjadi salah satu rempah yang mempunyai fungsi untuk mencegah mati pucuk dan pelbagai disfungsi seksual lain.

8. Mengurangkan Rematik

Semua bahagian dari tanaman kapulaga seperti daun, buah dan batang boleh digunakan sebagai ubat untuk melegakan penyakit sendi. Caranya dengan merebus semua bahagian itu hingga mendidih lalu saring air rebusan tersebut. Minumlah sehari tiga kali untuk meringankan rematik.

9. Antioksidan Alami

Biji kapulaga yang diolah menjadi minyak buah pelaga mempunyai kandungan antioksidan yang melimpah. Minyak kapulaga mampu mencerahkan warna kulit serta memberi nafas baru sel kulit yang telah mati. Minyak kapulaga juga baik untuk digunakan sebagai pelembab bibir bagi anda yang mempunyai bibir kering.
Demikianlah rangkuman manfaat dan kegunaan dari kapulaga, semoga informasi di atas bermanfaat bagi anda dan orang di sekitar anda. Salam Hidup Sehat!

Baca juga : Manfaat Buah Jambu Air Bagi Kesehatan Tubuh